Definisi Dan Arti Dari Backdoor

        Backdoor dalam computer security system ,merujuk kepada mekanisme yang dapat digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan, selain dari mekanisme yang umum digunakan (melalui proses logon atau proses autentikasi lainnya).Awalnya Backdoor dibuat oleh para programer komputer sebagai mekanisme yang mengizinkan mereka untuk memperoleh akses khusus ke dalam program mereka, seringnya digunakan untuk membenarkan dan memperbaiki kode di dalam program yang mereka buat ketika sebuah crash akibat bug terjadi.

    Kenneth Thompson (salah seorang pemrogram sistem operasi UNIX membuat sebuah program proses login pada tahun 1983 ketika memperoleh Turing Award), selain program login umum digunakan dalam sistem operasi UNIX dengan menggunakan bahasa pemrograman C, sehingga ia dapat mengakses sistem UNIX yang berjalan di dalam jaringan internal Bell Labs. Backdoor yang ia ciptakan itu melindungi dirinya dari pendeteksian dan pembuangan dari sistem, meskipun pengguna berhasil menemukannya, karena memang backdoor ini membuat dirinya sendiri kembali (melakukan rekompilasi sendiri).

    "Backdoor merupakan akses khusus yang dibuat oleh seorang programmer untuk dapat masuk ke dalam sistem. Tidak semua programmer mengerti setiap perintah yang terdapat di dalam sistem operasi. Di dalam sistem operasi seorang programmer memasukkan perintah-perintah tertentu. Dari perintah-perintah inilah seorang hacker dapat melewati perintah-perintah yang harus dilalui apabila seseorang memasuki suatu sistem operasi tapi kode-kode yang disisipkan tersebut tidak mempengaruhi kinerja sistem operasi."

( Hacker Dictionary, Dony Ariyus )

    Backdoor juga bisa dibilang jalan alternatif  untuk masuk ke sebuah sistem tanpa diketahui oleh operator sistem. Backdoor biasanya dibuat untuk jaga-jaga kalau saja pintu masuk utama ke dalam sistem error. Backdoor juga bisa dibuat diluar sistem, biasanya para peretas yang membuatnya, supaya dapat mengakses data sistem tanpa memasuki pintu utama sistem.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Description: Definisi Dan Arti Dari Backdoor Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Definisi Dan Arti Dari Backdoor